INTERNET
DAN INTRANET
A.
INTERNET
PENGERTIAN INTERNET
Internet (kependekan
dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang
saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission
Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol
pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani
miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar
dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini
dinamakan internetworking ("antarjaringan").
Internet merupakan jaringan
komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun
1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project
Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan
software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam
jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.
Proyek ARPANET merancang
bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan
akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan
protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control
Protocol/Internet Protocol). ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu
"MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang
lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas.
Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang
kemudian disederhanakan menjadi Internet.
KOMPONEN-KOMPONEN JARINGAN INTERNET
1.
Komputer
Kata
komputer berasal dari bahasa Latin yaitu Computare yang artinya menghitung.
Dalam bahasa Inggris disebut to compute. Secara definisi komputer diterjemahkan
sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima
data (input), mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output) serta
terkoordinasi dibawah kontrol program yang tersimpan di memorinya.
ü Input Device, adalah perangkat-perangkat keras komputer yang berfungsi
untuk memasukkan data ke dalam memori komputer, seperti keyboard, mouse,
joystick dan lain-lain.
ü Prosesor, adalah perangkat utama
komputer yang mengelola seluruh aktifitas komputer itu sendiri. Prosesor
terdiri dari dua bagian utama, yaitu ;
a.
Control Unit (CU), merupakan komponen utama prosesor yang mengontrol semua
perangkat yang terpasang pada komputer, mulai dari input device sampai output
device.
b.
Arithmetic Logic Unit (ALU), merupakan bagian dari prosesor yang khusus
mengolah data aritmatika (menambah, mengurang dll) serta data logika
(perbandingan).
ü Memori adalah media penyimpan data
pada komputer. Memori ini terbagi atas dua macam, yaitu ;
A.
Read Only Memory (ROM), yaitu memori yang hanya bisa dibaca saja, tidak
dapat dirubah dan dihapus dan sudah diisi oleh pabrik pembuat komputer. Isi ROM
diperlukan pada saat komputer dihidupkan. Perintah yang ada pada ROM sebagian
akan dipindahkan ke RAM. Perintah yang ada di ROM antara lain adalah perintah
untuk membaca sistem operasi dari disk, perintah untuk mencek semua peralatan
yang ada di unit sistem dan perintah untuk menampilkan pesan di layar. Isi ROM
tidak akan hilang meskipun tidak ada aliran listrik.
Tapi pada saat sekarang ini ROM telah mengalami perkembangan dan banyak
macamnya:
a.
PROM (Programable ROM), yaitu ROM yang bisa kita program kembali dengan
catatan hanya boleh satu kali perubahan setelah itu tidak dapat lagi diprogram.
b.
RPROM (Re-Programable ROM), merupakan perkembangan dari versi PROM dimana
kita dapat melakukan perubahan berulangkali sesuai dengan yang diinginkan.
c.
EPROM (Erasable Program ROM), merupakan ROM yang dapat kita hapus dan
program kembali, tapi cara penghapusannya dengan menggunakan sinar ultraviolet.
d.
EEPROM (Electrically Erasable Program ROM), perkembangan mutakhir dari ROM
dimana kita dapat mengubah dan menghapus program ROM dengan menggunakan teknik
elektrik. EEPROM ini merupakan jenis yang paling banyak digunakan saat ini.
B.
Random Access Memori (RAM), dari namanya kita dapat artikan bahwa RAM
adalah memori yang dapat diakses secara random. RAM berfungsi untuk menyimpan
program yang kita olah untuk sementara waktu (power on) jika komputer kita
matikan, maka seluruh data yang tersimpan dalam RAM akan hilang. Tujuan dari
RAM ini adalah mempercepat pemroses data pada komputer.
Agar data yang kita buat
tidak dapat hilang pada saat komputer dimatikan, maka diperlukan media
penyimpanan eksternal, seperti Disket, Harddisk, PCMCIA card dan lain-lain.
2.
NIC (Network Interface Card)
NIC bertugas sebagai
antarmuka fisik antara komputer dengan kabel jaringan yang digunakan. Fungsi
utamanya adalah menyiapkan data untuk dikirim ke jaringan, mengirimkan data ke
komputer lain dan mengatur aliran data antara komputer dan jaringan.
Biasa juga disebut
Ethernet Card, LAN card, atau kartu jaringan. Cara kerja Ethernet Card adalah
berdasarkan broadcast network, yaitu setiap node menerima setiap transmisi data
yang dikirim oleh sebuah node. Ethernet menggunakan metode CSMA/CD (Carrier
Sense Multiple Access / Collision Detection) baseband.
3.
Media transmisi
A.
Kabel Twisted Pair
Kabel twisted
pair pada dasarnya mirip dengan kabel telepon biasa. Di dalamnya ada
beberapa pasangan kabel yang saling dilintir dengan pasangannya (sehingga
disebuttwisted pair). Maksud pelintiran kabel adalah mengurangi interferensi,
derau (noise) dan gangguan yang masuk. Ada dua macam kabel twisted
pair yang sering digunakan dalam pembangunan jaringan LAN,
yaitu Shielded Twisted Pair (STP) yang memiliki selubung pembungkus
dan Unshielded Twisted Pair (UTP) yang tidak mempunyai selubung
pembungkus.
Fungsi selubung ini adalah
pentanahan (grounding) untuk mengurangi lebih lanjut gangguan yang ada. Jadi
jelas kabel yang memiliki selubung pembungkus akan lebih tahan terhadap
gangguan dibandingkan yang tidak dibungkus.
B.
Kabel STP (Shielded Twisted Pair)
Kabel ini merupakan kabel
yang dibuat untuk meningkatkan kinerja dua kawat dengan memberi lapisan
pelindung mekanik untuk bisa mengurangi interferensi gelombang elektromagnetik
baik dari dari dalam maupun dari luar. Kabel ini akan bekerja lebih baik
pada rate data yang tinggi.
Tetapi kabel ini harganya relatif mahal dibandingkan dengan kabel UTP dan
sulit pada saat instalasi (terutama masalah grounding) serta jarak
jangkauannya hanya 100 meter.
C.
Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair)
Merupakan kabel dua kawat
berpilin, yang tidak terlindung (unshielded) seperti halnya kabel telepon
biasa. Kabel UTP mudah dipasang, ukurannya kecil, dan harganya lebih murah
dibandingkan jenis media lainnya. Kekurangannya adalah rentan terhadap
interferensi gelombang elektromagnetik,dan jarak jangkauannya hanya 100 meter.
4.
NOS
Untuk mengelola
suatu jaringan diperlukan adanya sistem operasi jaringan. Sistem operasi
jaringan dibedakan menjadi dua berdasarkan tipe jaringannya, yaitu sistem
operasiclient-server dan sistem operasi jaringan peer to peer.
PENGGUNA INTERNET
V Pribadi : Kita sendiri sebagai pelajar dan
pekerja, PC yang tersebar diseluruh rumah di dunia
V Organisasi : Sekolah, perusahaan, organisasi
dll
LAYANAN YANG ADA DI
INTERNET
Berikut ini beberapa fasilitas terpenting yang disediakan di Internet,
antara lain :
1.
E-mail (Electronic Main)
Email istilah
Indonesia adalah surat elektronik, adalah aplikasi yang memungkinkan para
pengguna internet untuk saling berkirim pesan melalui alamat elektronik di
internet. Para pengguna email memilki sebuah mailbox (kotak surat)
elektronik yang tersimpan dalam suatu mailserver (situs penyedia
layanan email).
Dengan fasilitas ini kita bisa mengirim atau menerima e-mail dari dan ke
pengguna internet di seluruh dunia. Jika di bandingkan dengan pos, fasilitas
e-mail jauh lebih cepat. Kita bisa mengirim e-mail ke teman yang berada di luar
negeri hanya dalam waktu beberapa menit dan tidak perlu kuatir surat tersebut
akan rusak karena hujan atau hal-hal lainnya.
Saat ini, email tidak
hanya berisi teks saja tetapi sudah bisa dilampiri dengan grafik, gambar foto
dan juga suara bahkan animasi. Email juga dapat digunakan untuk berkirim surat
secara langsung kepada beberapa orang sekaligus. Berkirim dan menerima email,
saat ini sudah menjadi hal yang umum dilakukan orang di internet. Kita bisa
berkomunikasi dengan siapa saja di seluruh dunia.
2.
www (World Wide Web)
WWW adalah layanan
internet yang paling banyak dikenal orang dan paling cepat perkembangan
teknologinya. Layanan ini menggunakan link hypertext yang
disebut hyperlink untuk merujuk dan mengambil halaman-halaman web
dari server. Halaman web dapat berisi suara, gambar, animasi, text, dan program
perangkat lunak yang menyusunnya menjadi dokumen yang dinamis. Pengguna dapat
melihat World Wide Web dari sebuah browser yaitu program yang dapat menampilkan
HTML (skrip halaman web).
3.
FTP (File Transfer Protocol)
FTP adalah aplikasi
Internet yang digunakan untuk mengirimkan atau mengambil file ke atau dari
sebuah komputer lain melalui jarinagan internet.Fasilitas ini memungkinkan para
pengguna internet untuk melakukan pengiriman (upload) atau mengunduh (download)
sebuah file antara komputer lokal dengan komputer lain yang terhubung dalam
jaringan internet. Ribuan situs FTP menawarkan banyak file yang dapat di
download. File-file yang dapat di download dapat berupa file-file yang berisi
game, foto atau gambar-gambar, peta, artikel-artikel, utility-utility program
aplikasi dan yang lainnya. Protokol standar yang digunakan untuk keperluan ini
disebut sebagai File Transfer Protocol (FTP).
FTP umumnya
dimanfaatkan sebagai sarana pendukung untuk kepentingan pertukaran maupun
penyebarluasan sebuah file melalui jaringan internet. FTP juga dimanfaatkan
untuk melakukan prosesupload suatu halaman web ke webserver agar
dapat diakses oleh pengguna internet lainnya.
4.
Telnet
Beberapa server di internet memperbolehkan kita untuk mengaksesnya dan menjalankan beberapa program yang diinstal pada komputer itu. Layanan ini disebut sebagai telnet. Penggunaan server ini sama seperti kalau kita melakukannya pada komputer di jaringan lokal.
Contohnya : spacelink.msfc.nasa.gov, adalah layanan telnet gratis dari
NASA tentang sejarah dan seluk beluk NASA.
5.
Gopher
Gopher adalah aplikasi perangkat lunak yang tesusun atas untaian menu sistem pencarian dan penemuan kembali. Situs Gopher adalah komputer yang menampilkan menu-menu yang mewakili data dan informasi yang tersedia. Secara mendasar, menu-menu ini adalah daftar isi untuk mengolah dan menunjuk ke sebuah informasi tertentu. Layanan ini menggunakan FTP untuk pertukaran file dan Telnet untuk koneksi dengan server tertentu.
6.
Discussion Group.
Dengan fasilitas e-mail
seperti di atas, kita juga dapat gunakannya untuk saling bertukar informasi,
berdiskusi dan berdialog dengan orang lain. Kita dapat berpartisipasi dalam
diskusi dan debat dengan topik yang beragam mulai dari hal-hal yang ringan
sampai yang berat-berat, hobi, keluarga, masalah sosial, hiburan, IT atau
mungkin juga masalah politik yang sedang hangat.
Yang termasuk dalam Discussion Group antara lain:
a.
Maling List.
Mailing List (Milis)
adalahaplikasi Internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar
informasi dalam satukelompok melalui email. Setiap email yang dikirim ke alamat
milis akan dikirim ke seluruh alamat email yang terdaftar sebagai anggota milis
tersebut. Milis sebenarnya bentuk lain dari email. Fasilitas ini digunakan oleh
kelompok-kelompok untuk bertukar informasi dan berdiskusi sesama anggota
kelompok. Milis mempunyai sifat yang sama dengan email.
b.
Newsgroups.
Secara garis besar,
Newsgroup dapat diartikan sebagai aplikasi internet yang digunakan untuk
berkomunikasi satu dengan yang lainnya melalui sebuah forum. atau suatu tempat
di mana terdapat ruangan-ruangan perbincangan yang unik, dan tiap-tiap ruangan
mempunyai topik perbincangan yang berbeda. Di setiap ruangan itu biasanya
terdapat lebih dari satu orang yang saling bertukar pendapat atau pikiran. Jadi
kita memberikan pendapat Anda ke semua orang yang ada di ruangan tersebut. News
Group juga dianggap seperti “Bulletin Board” yang ada di sekolah atau kantor,
di mana setiap orang boleh meletakkan artikel-artikel atau pendapat-pendapatnya
dan boleh dilihat dan dibaca oleh semua orang.
7.
Search Engine
Search engine adalah mesin
pencari, yang dapat mencari informasi-informasi yang ada di internet dengan
lebih mudah, hanya dengan mengetik kata kunci (keyword). Beberapa search engine
yang dapat digunakan antar lain Google, Yahoo, Alvista, Wisenut, Alltheweb,
Looksmart, HotBot dan lain-lain.
8.
Social Networking
Social
networking (Jejaring Sosial) mirip dengan
fasilitas Newsgroup. Dengan fasilitas ini pengguna dapat berhubungan
dengan orang darimanapun dan kapanpun yang Anda mau. Contoh jejaring sosial
yang berkembang sekarang adalah Facebook, Twitter, Myspace, Friendster dll.
9.
VoIP (Voice over Internet Protocol),
adalah layanan yang
memungkinkan pengguna melakukan komunikasi telepon dengan pengguna lain melalui
internet.
Dalam hal ini kita juga mengenal Internet Telephony yaitu fasilitas untuk
berkomunikasi dgn suara melalui internet menggunakan pesawat telepon. Pulsa
yang dibayar sama dengan pulsa internet walapun dilakukan secara SLJJ atau SLI.
Software yang digunakan untuk telephony adalah Net2phone, buddytalk, media ring
talk dll.
10.
Internet Relay Chat (Chatting)
Layanan IRC, atau biasa
disebut sebagai “chat” saja adalah aplikasi Internet yang digunakan untuk
bercakap-cakap di Internet. Bentuk komunikasi di intenet yang menggunakan
sarana baris-baris tulisan yang diketikkan melalui keyboard. Dalam sebuah
sesi chat, komunikasi terjalin melalui saling bertukar pesan-pesan
singkat. kegiatan ini disebut chatting dan pelakunya disebut
sebagai chatter. Para chatter dapat saling
berkomunikasi secara berkelompok dalam suatu chat room dengan
membicarakan topik tertentu atau berpindah ke modus private untuk
mengobrol berdua saja dengan chatter lain.
11.
Video Conference
Video conference adalah
fasilitas di internet yang dapat berbicara, sekaligus melihat lawan bicara
secara langsung di layar monitor. Untuk menggunakan fasilitas video conference
dibutuhkan perangkat tambahan, seperti kamera (web cam), mikropon, speaker atau
earphone, dan program video conference misalnya CU-SeeMe.
12.
PING
Ping adalah singkatan dari
Paket Internet Gopher. Ping digunakan untuk mengetahui apakah komputer yang
kita gunakan mempunyai hubungan (terkoneksi) dengan komputer lain di Internet.
Pengecekan hubungan ini dilakukan dengan cara mengirimkan sejumlah paket data.
DAMPAK POSITIF DARI INTERNET
§ Media komunikasi, dimana pengguna internet di seluruh
dunia dapat saling berkomunikasi.
§ Media untuk bertukar data dan informasi dengan
menggunakan email, ftp, www, dan sebagainya.
§ Media untuk mencari data dan informasi. Jutaan data
dan informasi yang tersimpan menjadikan internet perpustakaan terbesar di
dunia.
§ Kemudahan memperoleh informasi. Segala sesuatu yang
terjadi di dunia ini dapat dipantau melalui internet.
§ Media untuk bertransaksi dan berbisnis. Ada banyak
peluang bisnis yang bisa dihasilkan dari internet seperti Google Adsence.
§ Media pendidikan jarak jauh. Banyak sekali universitas
yang sekarang ini membuka kelas jarak jauh dimana materi kuliah dan kegiatan
belajar dilakukan secara online.
DAMPAK POSITIF DARI INTERNET
§
Pornografi.
Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi memang tidak
salah. Banyak sekali konten-konten semacam ini bertebaran dan memberikan dampak
yang kurang baik bagi yang mengaksesnya, terutama kalangan anak-anak.
§
Internet juga
banyak berisi konten-konten yang terkait kekejaman dan kesadisan (violence and
gore). Konten seperti ini biasanya banyak digunakan oleh pemilik situs demi
mendongkrak penjualan situs.
§
Penipuan. Modus
penipuan melalui internet sudah sering kali kita dengar. Internet memang bisa
dijadikan media untuk melakukan tidak kejahatan semacam ini.
§
Pencurian.
Internet merupakan media yang memberikan kemudahan untuk traksaksi online
karena sifatnya yang real-time (langsung), misalnya berbelanja menggunakan
kartu kredit. Para penjahat dapat menemukan celah kelemahan saat transaksi
untuk menguras isi kartu kredit tanpa sepengetahuan pemiliknya.
§
Perjudian. Para
penjudi tidak harus pergi ke tempat judi untuk melakukan kegiatan dan
keinginannya. Yang perlu dilakukan hanyalah mengunjungi situs-situs perjudian.
MACAM MACAM TOPOLOGI JARINGAN
KOMPUTER
Pengertian topologi
jaringan adalah suatu tehnik untuk menghubungkan komputer yang satu dengan
komputer lainnya yang merangkai menjadi sebuah jaringan, dimana penggunaan
topologi jaringan didasarkan pada biaya, kecepatan akses data, ukuran maupun
tingkat konektivitas yang akan mempengaruhi kualitas maupun efiensi suatu
jaringan.
Macam-macam topologi jaringan komputer:
Macam-macam topologi jaringan komputer:
1.
Topologi Bus
Jenis topologi bus ini
menggunakan kabel tunggal, seluruh komputer saling berhubungan secara langsung
hanya menggunakan satu kabel saja. Kabel yang menghubungkan jaringan ini adalah
kabel koaksial dan dilekatkan menggunakan T-Connector. Untuk memaksimalkan
penggunaan jaringan ini sebaiknya menggunakan kabel Fiber Optic karena
kestabilan resistensi sehingga dapat mengirimkan data lebih baik.
aKelebihan Topologi Bus :
1. Mudah untuk dikembangkan
2. Tidak memerlukan kabel yang banyak
3. Hemat biaya pemasangan
aKelemahan topologi bus :
1. Tidak stabil, jika salah satu komputer terganggu maka jaringan akan terganggu
2. Tingkat deteksi kesalahan sangat kecil
3. Sulit mencari gangguan pada jaringan
3. Tingkat lalu lintas tinggi / sering terjadi antrian data
4. Untuk jarak jauh diperlukan repeater
aKelebihan Topologi Bus :
1. Mudah untuk dikembangkan
2. Tidak memerlukan kabel yang banyak
3. Hemat biaya pemasangan
aKelemahan topologi bus :
1. Tidak stabil, jika salah satu komputer terganggu maka jaringan akan terganggu
2. Tingkat deteksi kesalahan sangat kecil
3. Sulit mencari gangguan pada jaringan
3. Tingkat lalu lintas tinggi / sering terjadi antrian data
4. Untuk jarak jauh diperlukan repeater
2.
Topologi Ring
Jenis topologi ring ini,
seluruh komputer dihubungkan menjadi satu membentuk lingkaran (ring) yang
tertutup dan dibantu oleh Token, Token berisi informasi yang berasal dari
komputer sumber yang akan memeriksa apakah informasi tersebut digunakan oleh
titik yang bersangkutan, jika ada maka token akan memberikan data yang diminta
oleh titik jaringan dan menuju ke titik berikutnya.
Seluruh komputer akan
menerima setiap signal informasi yang mengalir, informasi akan diterima jika
memang sudah sesuai dengan alamat yang dituju, dan signal informasi akan
diabaikan jika bukan merupakan alamatnya sendiri. Dengan kata lain proses ini
akan berlanjut terus hingga sinyal data diterima ditujuan.
aKelebihan :
1. Tidak menggunakan banyak kabel
2. Tingkat kerumitan pemasangan rendah
3. Mudah instalasi
4. Tidak akan terjadi tabrak data
5. Mudah dirancang
aKekurangan :
1. peka kesalahan jaringan
2. Sulit untuk dikembangkan
3. Jika salah satu titik jaringan terganggu maka seluruh komunikasi data dapat terganggu
aKelebihan :
1. Tidak menggunakan banyak kabel
2. Tingkat kerumitan pemasangan rendah
3. Mudah instalasi
4. Tidak akan terjadi tabrak data
5. Mudah dirancang
aKekurangan :
1. peka kesalahan jaringan
2. Sulit untuk dikembangkan
3. Jika salah satu titik jaringan terganggu maka seluruh komunikasi data dapat terganggu
3.
Topologi Star
Pada topologi jenis star
ini, setiap komputer langsung dihubungkan menggunakan Hub, dimana fungsi dari
Hub ini adalah sebagai pengatur lalu lintas seluruh komputer yang terhubung.
Karena menggunakan proses pengiriman dan penerimaan informasi secara langsung inilah
yang menyebabkan biaya pemasangannya juga tinggi.
aKelebihan :
1. Deteksi kesalahan mudah dilakukan
2. Perubahan stasiun mudah dilakukan dan tidak mengganggu jaringan lain
3. Mudah melakukan control
4. Tingkat keamanan tinggi
5. Paling fleksibel
aKelebihan :
1. Deteksi kesalahan mudah dilakukan
2. Perubahan stasiun mudah dilakukan dan tidak mengganggu jaringan lain
3. Mudah melakukan control
4. Tingkat keamanan tinggi
5. Paling fleksibel
aKekurangan :
1. Menggunakan banyak kabel
2. Ada kemungkinan akan terjadi tabrakan data sehingga dapat menyebabkan jaringan lambat
3. Jaringan sangat tergantung kepada terminal pusat
4. Jaingan memakan biaya tinggi
5. Jika titik komputer pusat terjadi gangguan maka terganggu pula seluruh jaringan
1. Menggunakan banyak kabel
2. Ada kemungkinan akan terjadi tabrakan data sehingga dapat menyebabkan jaringan lambat
3. Jaringan sangat tergantung kepada terminal pusat
4. Jaingan memakan biaya tinggi
5. Jika titik komputer pusat terjadi gangguan maka terganggu pula seluruh jaringan
4.
Topologi Tree
Topologi tree ini
merupakan hasil pengembangan dari topologi star dan topologi bus yang terdiri
dari kumpulan topologi star dan dihubungkan dengan 1 topologi bus. Topologi
tree biasanya disebut juga topologi jaringan bertingkat dan digunakan
interkoneksi antar sentral.
Pada jaringan ini memiliki
beberapa tingkatan simpul yang ditetapkan dengan suatu hirarki, gambarannya
adalah semakin tinggi kedudukannya maka semakin tinggi pula hirarki-nya. Setiap
simpul yang memiliki kedudukan tinggi dapat mengatur simpul yang memiliki
kedudukan yang rendah. Data dikirim dari pusat simpul kemudian bergerak menuju
simpul rendah dan menuju ke simpul yang lebih tinggi terlebih dahulu.
Topologi tree ini memiliki kelebihan dan kelemahan yang sama dengan
topologi star antara lain :
aKelebihan :
1. Deteksi kesalahan mudah dilakukan
2. Perubahan bentuk suatu kelompok mudah dilakukan dan tidak mengganggu jaringan lain
3. Mudah melakukan control
aKekurangan :
1. Menggunakan banyak kabel
2. Sering terjadi tabrakan data
3. Jika simpul yang lebih tinggi rusak maka simpul yang lebih rendah akan terganggu juga
4. Cara kerja lambat
aKelebihan :
1. Deteksi kesalahan mudah dilakukan
2. Perubahan bentuk suatu kelompok mudah dilakukan dan tidak mengganggu jaringan lain
3. Mudah melakukan control
aKekurangan :
1. Menggunakan banyak kabel
2. Sering terjadi tabrakan data
3. Jika simpul yang lebih tinggi rusak maka simpul yang lebih rendah akan terganggu juga
4. Cara kerja lambat
5.
Topologi Mesh / Jala
Topologi Mesh merupakan
rangkaian jaringan yang saling terhubung secara mutlak dimana setiap perangkat
komputer akan terhubung secara langsung ke setiap titik perangkat lainnya.
Setiap titik komputer akan mempunyai titik yang siap untuk berkomunikasi secara
langsung dengan titik perangkat komputer lain yang menjadi tujuannya.
aKelebihan :
1. Dinamis dalam memperbaiki setiap kerusakan titik jaringan komputer
2. Data langsung dikirimkan ke tujuan tanpa harus melalui komputer lain
3. Data lebih cepat proses pengiriman data
4. Jika terjadi kerusakan pada salah satu komputer tidak akan mengganggu komputer lainnya
aKekurangan :
1. Biaya untuk memasangnya sangat besar.
2. Perlu banyak kabel
3. Perlu banyak port I/O , setiap komputer diperlukan n-1 port I/O dan sebanyak n(n-1)/2 koneksi. Misalnya ada 4 komputer maka diperlukan kabel koneksi sebanyak 4(4-1)/2 =6 kabel dan memerlukan 4-1 = 3 port.
4. Proses instalasi sulit dan rumit
aKelebihan :
1. Dinamis dalam memperbaiki setiap kerusakan titik jaringan komputer
2. Data langsung dikirimkan ke tujuan tanpa harus melalui komputer lain
3. Data lebih cepat proses pengiriman data
4. Jika terjadi kerusakan pada salah satu komputer tidak akan mengganggu komputer lainnya
aKekurangan :
1. Biaya untuk memasangnya sangat besar.
2. Perlu banyak kabel
3. Perlu banyak port I/O , setiap komputer diperlukan n-1 port I/O dan sebanyak n(n-1)/2 koneksi. Misalnya ada 4 komputer maka diperlukan kabel koneksi sebanyak 4(4-1)/2 =6 kabel dan memerlukan 4-1 = 3 port.
4. Proses instalasi sulit dan rumit
6.
Topologi linear
Topologi ini merupakan
perluasan dari dari topologi bus dimana kabel utama harus dihubungkan ke tiap
titik komputer menggunakan T-connector. Topologi tipe ini merupakan jenis yang
sederhana menggunakan kabel RG-58.
aKelebihan :
1. Sederhana jaringannya
2. Hemat kabel
3. Mudah untuk dikembangkan
aKekurangan :
1. Deteksi kesalahan sangat kecil
2. Keamanan kurang terjamin
3. Lalu lintas data tinggi
4. Kecepatan transfer tergantung kepada jumlah pengguna, kecepatan turun jika jumlah pemakai bertambah
aKelebihan :
1. Sederhana jaringannya
2. Hemat kabel
3. Mudah untuk dikembangkan
aKekurangan :
1. Deteksi kesalahan sangat kecil
2. Keamanan kurang terjamin
3. Lalu lintas data tinggi
4. Kecepatan transfer tergantung kepada jumlah pengguna, kecepatan turun jika jumlah pemakai bertambah
B.
INTRANET
Intranet adalah sebuah jaringan privat
(private network) yang
menggunakan protokol-protokol Internet (TCP/IP), untuk membagi
informasi rahasia perusahaan atau operasi dalam perusahaan tersebut kepada
karyawannya. Kadang-kadang, istilah intranet hanya merujuk kepada layanan yang
terlihat, yakni situs web internal perusahaan.
Untuk membangun sebuah
intranet, maka sebuah jaringan haruslah memiliki beberapa komponen yang
membangun Internet, yakni protokol Internet (Protokol
TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya), klien dan
juga server. Protokol HTTP dan beberapa protokol Internet lainnya
(FTP, POP3, atau SMTP) umumnya merupakan komponen protokol yang
sering digunakan.
Umumnya, sebuah intranet
dapat dipahami sebagai sebuah "versi pribadi dari jaringan Internet",
atau sebagai sebuah versi dari Internet yang dimiliki oleh sebuah organisasi.
Kebutuhan intranet didorong oleh beberapa tekanan teknologi yaitu :
∞ Intranet
menjadi alat bantu untuk meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan produk
industri
∞ Intranet
lebih meningkatkan tanggapan terhadap keluhan dan kebutuhan pelanggannya.
∞ Intranet
mampu menurunkan biaya atas kebutuhan informasi kolaborasi, workflow, dan
enterprise connectivity.
∞ Intranet
mendapat banyak keuntungan karena adanya suksesnya dukungan world wide web yang
memungkinkan penggunaan yang luas karena digunakan masyarakat luas yang
menggunakan internet. Caranya adalah dengan membuat website. Intranet menjadi
tren saat ini karena kefleksibelan webnya yang mudah digunakan.
REFERENSI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar